LEMBAR
KERJA SISWA
Kompetensi Dasar :
3.2 Membandingkan teks pantun baik melalui
lisan maupun tulisan
Indikator Pencapaian :
1.
Peserta didik memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun
2.
Peserta didik memahami persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/semester :
XI/ 1 (ganjil)
Hari/tanggal :
..........................................
Kelompok :
.........................................
Anggota Kelompok
1)
..............................................
2)
..............................................
3)
..............................................
4)
..............................................
5)
..............................................
6)
..............................................
7)
..............................................
8)
..............................................
Petunjuk:
Kerjakanlah soal di bawah ini
Bacalah beberapa pantun pantun di bawah ini. Diskusikanlah
soal nomor 1 dan 2, dan setelah itu paparkanlah hasil analisis Anda di depan
kelas!
a) Pantun Kias
Ayam
sabung jangan dipaut
jika
ditambat kalah laganya.
Asam
di gunung ikan di laut
dalam
belanga bertenmu juga.
b) Pantun Paribahasa
Berakit-rakit
kehulu
berenang-renang
ketepian
Bersakit-sakit
dahulu
bersenang-senang
kemudian
c) Pantun Jenaka
Buat apa panen
kelapa,
kalau belum tumbuh tunas.
Buat apa membeli
pespa,
cicilan kompor saja belum lunas.
d)
Pantun Kilat
Dahulu
parang, sekarang besi
Dahulu
sayang, sekarang benci
1. Berdasar teks pantun di atas, tentukanlah struktur pantun yang
diperbandingkan yaitu (pantun c dengan d)!
2. Berdasarkan teks pantun di atas, tentukanlah perbandingan ciri bahasa
teks pantun tersebut dan berikan
alasanya!
Jawaban
1. ………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar