Kamis, 14 Januari 2016

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                    Sekolah           : SMA Negeri 4 Gorontalo
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Kelas/semester : XI/I (Ganjil)
                                    Tema               : Budi Pekerti
                                    Alokasi waktu  : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait dengan fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan matode yang sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, menganalisis informasi lisan dantulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2  Menunjukan prilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan idiologis, dan kebijakan publik
3.2  Membadingkan teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1)      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun
2)      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan struktur ciri bahasa teks pantun

D.    Tujuan Pembelajaran
1)      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteksnya untuk mempersatukan bangsa.
2)      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membandingkan dua teks pantun.
3)      Setelah membaca contoh teks pantun, peserta didik dapat memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan.
4)      Setelah berdiskusi, peserta didik dapat memahami dan menyimpulkan persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan.

E.     Materi Pembelajaran
Membandingkan teks pantun baik struktur dan ciri bahasa teks pantun.
Contoh Pantun yang diperbandingkan:


a)      Pantun Kias
Ayam sabung jangan dipaut
jika ditambat kalah laganya.
Asam di gunung ikan di laut
dalam belanga bertenmu juga.
b)     Pantun Paribahasa
Berakit-rakit kehulu
berenang-renang ketepian
Bersakit-sakit dahulu
bersenang-senang kemudian
c)      Pantun Jenaka
Buat apa panen kelapa,
kalau belum tumbuh tunas.
Buat apa membeli pespa,
cicilan kompor saja belum lunas.
d)     Pantun Kilat
Dahulu parang, sekarang besi
Dahulu sayang, sekarang benci





a.       Struktur teks pantun
·         Sampiran
Sampiran merupakan pengantar agar pembaca mau membaca lirik ketiga dan keempat pantun
·         Isi
Isi merupakan maksud atau tujuan pantun. Isi pantun biasanya berupa pikiran, perasaan, nasihat, kebenaran, pertanyaa, atau teka-teki. Isi pantun juga mengandung pesan yang disampaiakan pemamtun kepada orang lain.

b.      Ciri bahasa teks pantun
Ciri bahasa yang terdapat dalam teks pantun adalah
·         Pantun ditulis dengan menggunakan kata-kata yang indah
·         Setiap pantun mengandung makna di dalamnya
·         Biasanya pantun digunakan untuk menyampaikan perasaan, menyindir, bersenda gurau, memberi nasehat, dan bersenang-senang
·         Bahasa pantun biasanya terikat oleh rima (persajakan)

F.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah DL
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stumulasi)
§  Perserta didik menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik dan kelas
§  Perserta didik memperhatikan contoh pantun yang perlihatkan pendidik pada infokus
§  Peserta didik menanyakan dan menjawab contoh pantun yang diperlihatkan pendidik
§  Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

10 Menit
Kegiatan Inti
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) Pengumpul-an data











Pengolahan data dan analisis









Verifikasi








Generalisasi
Mengamati
§  Peserta didik membaca beberapa teks pantun
Bahasa Indonesia (Mata Pelajaran wajib) Kelas XI. Karangan Pariwara, Intan. Penerbit, Klaten: PT Mancanan Jaya Cemerlang. Halaman: 52

Menanya
§  Peserta didik Menanya apa yang dimaksud dengan pantun.
§  Peserta didik Menanya struktur teks pantun.
§  Peserta didik Menanya ciri teks pantun.

Mengeksplorasi
§  Peserta didik mengidentifikasi persamaan/perbedaan struktur isi beberapa teks pantun yang dibaca
§  Peserta didik mengidentifikasi persamaan/perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca
§  Peserta didik menentukan isi teks pantun

Mengasosiasi
§  Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun dalam diskusi kelas
§  Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat

Mengomunikasikan
§  Peserta didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun yang didiskusikan

70 Menit
Kegiatan penutup
Generalisasi
§  Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari itu (apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran) secara lisan maupun tulisan.
§  Mengecek pemahaman peserta didik atas pencapaian kompetensi secara tertulis
10 Menit

G.    Penilaian
1.      Jenis/Teknik penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
Observasi kegiatan diskusi kelompok
- Lembar penilaian sikap
- Penilaian Diri
- Penilaian antar Peserta didik
2.
Pengetahuan
-  Penugasan
- Tes Tertulis
- Soal Penugasan
- Soal Uraian
3.
Keterampilan
   Unjuk kerja
   Membuat cerpen

2.      Bentuk Instrumen Penilaian

1)      Penilaian Sikap
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : XI IIS.5/I (ganjil)
Topik/sub topik           : Budi Pekerti
Indikator Pencapaian  : 1) Peserta didik  mampu memahami persamaan/perbedaan
      struktur isi teks pantun.
2)      Peserta didik  mampu memahami persamaan/perbedaan
ciri bahasa teks pantun.
Aspek Nilai
No
Nama
Tanggung jawab
Responsif/ peduli
Santun
Jujur
Disiplin
Jumlah skor
1.
Abd. Farlan Lalantu






2.
Abd. Rahmad F. kiyai






3.
Abd. Manan Sipatana






4.
Altrianto Gani






5.
Daud Ibrahim






6.
Idrus Karim






7.
Indra Wahulo






8.
Kasim Kilinau






9.
Kasman Malapo






10.
Moh. Harianto Samaun






11.
Moh. Ma’arif Yahya






12.
Rahmat Pidu






13.
Suprianto Pomontolo






14.
Yayan Djafar






15
Anastasya Nur F agus






16.
Fatmawati Bempa






17.
Febriyanti Noho






18.
Indrawati Paje






19.
Indriyati Idris






20
Karmila Majid






21
Lisdawati Maku






22
Maryam Abas






23
Maryam Nune






24
Rosita Helingo






25
Rukmiyanti Yusuf






26
Sri Susanti Antuke






27
Sri Yulan N. lasanudin






28
Sri Yuniarti Latif






29
Sulistiani Harun











2)      Lembar Penilaian Jurnal
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Program             : XI/IIS.5
Aspek yang diamati    : Prilaku jujur, tangung jawab, disiplin, dan proaktif
No
Hari/tanggal
Nama Siswa
Kejadian
Keterangan/tindak lanjut
1.
Senin, 30 November 2015
Indra Wahulo
Tidak hadir di Sekolah
Memberikan nasehat
2.
Senin, 30 November 2015
Abd. Rahmad F. kiyai
Terlambat masuk kelas
Menanyakan apa masalah siswa, dan memberikan teguran.

3)      Penilaian Diri
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda  v  pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Selama melakukan tugas mendiskusikan perbandingan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun, saya bekerja sama dengan teman satu kelompok


2
Saya membuat tugas dengan membaca terlebih dahulu,
Konsep perbandingan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun.


3
Saya melakukan tugas menulis hasil diskusi dengan bahasa yang baik berdasarkan kesepakatan anggota kelompok lain.


4
Saya terlibat dalam presentasi/pemaparan hasil diskusi kelompok




4)        Penilaian Antar Peserta Didik
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda  v  pada kolom yang sesuai dengan penilaianmu terhadap teman yang diamati dengan jujur
No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
 Mau menerima pendapat teman


2
 Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
 Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
 Dapat bekerja sama dengan seluruh teman dalam kelompok


5
 Bertutur kata yang santun kepada sesama teman






5)      Penilaian hasil pengetahuan
Soal penilaian pengetahuan di tayangkan pada infokus!
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun

Tes tertulis
Isian
1.      Bacalah beberapa pantun di bawah ini.
1)      Kayu manis dalam semak
Habis menangis gelak-gelak

2)      Kemumu di dalam semak,
jatuh melayang seleranya.
Meski ilmu setinggi tegak,
tidak sembahyang apa gunanya.

3)      Gendang gendut tali kecapi,
Kenyang perut senanglah hati.

4)      Parang ditetak kebatang sena,
belah buluh tertaruhlah temu.
Barang dikerja takkan sempurna,
bila tak penuh menaruh ilmu.
Berdasarkan teks pantun di atas, tentukanlah perbandingan struktur isi yaitu:
a.       Pantun 1 dengan 2
b.      Pantun 3 dengan 4
(*Berikan bukti, sampiran dan isi pantun)
Memahami persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun
Tes tertulis
Isian
2.      Bacalah dua teks pantun di bawah ini.
·         Pohon cemara pohon dewata,
      tumbuh tinggi menjadi tegak.
      Jangan-jangan menolak cinta,
      cinta ditolak dukun bertindak.

·         Jalan-jalan bersama kakek,
di tengah jalan lihat kepompong.
Aku tertawa terbahak-bahak,
melihat kucing makan kedondong.

Tentukanlah ciri bahasa kedua pantun tersebut!


H.    Media, Alat, Sumber Pembelajaran
§  Media.
Lembar Kerja dan Bahan Tayang
§  Alat/Bahan
Bahan ajar : Struktur Isi dan Ciri Bahasa teks pantun
§  Sumber Belajar
a.       Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI
Pariwara, Intan. Bahasa Indonesia (Mata Pelajaran wajib) Kelas XI. Klaten: PT Mancanan Jaya Cemerlang.
b.       Internet
http:// abiherlambang.com/ciri-bahasa-teks-pantun/


















BAHAN AJAR

Kompetensi Dasar                 :
3.2 Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan

Indikator Pencapaian           :
1.      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun
2.      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun

Uraian Materi
(Materi ditampilkan pada Infokus)
A.    Pengertian Pantun
Pantun pada mulanya merupan karya sastra lisan. Pantun diucapkan dari mulut ke mulut. Pantun bersifat anonim. Maksudnya, penulis pantun tidak di ketahui. Pantun sering digunakan secara berbalasan. Pantun diciptakan untuk menyamapaikan pikiran dan perasaan terhadap seseorang. Pantun juga dapat digunakan untuk menceritakan suatu perkara. Bahkan, pantun dapat digunakan untuk menyindir, bersenda gurau, memberi nasehat, dan bersenang-senang.

B.     Struktur Pantun
1)      Sampiran
Sampiran merupakan pengantar agar pembaca mau membaca lirik ketiga dan keempat pantun
2)      Isi
Isi merupakan maksud atau tujuan pantun. Isi pantun biasanya berupa pikiran, perasaan, nasihat, kebenaran, pertanyaa, atau teka-teki. Isi pantun juga mengandung pesan yang disampaiakan pemamtun kepada orang lain.

C.    Ciri-ciri pantun
a)      Tiap bait (kumpulan lirik dalam pantun) terdiri atas empat larik (baris atau deret)
b)      Tiap larik terdiri atas empat sampai enam kata
c)      Tiap larik terdiri atas delapan sampai dua belas seku kata
d)     larik pertama dan kedua merupakan sampiran
e)      Larik ketiga dan keempat merupakan isi
f)       Rima (persamaan bunyi atau persajakan) akhir larik bersajak a-b-a-b
g)      Bunyi akhir larik pertama dan ketiga harus sama. Bentuk akhir larik kedua dan keempat juga harus sama
h)      Isi pentun mengungkapkan perasaan

D.    Ciri Bahasa Teks Pantun
Ciri bahasa yang terdapat dalam teks pantun adalah
·         Pantun ditulis dengan menggunakan kata-kata yang indah
·         Setiap pantun mengandung makna di dalamnya
·         Biasanya pantun digunakan untuk menyampaikan perasaan, menyindir, bersenda gurau, memberi nasehat, dan bersenang-senang
·         Bahasa pantun biasanya terikat oleh rima (persajakan)















LAMPIRAN

v  EVALUASI
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun

Tes tertulis
Isian
1. Bacalah beberapa pantun di bawah ini!
1) Kayu manis dalam semak
     Habis menangis gelak-gelak

2) Kemumu di dalam semak,
jatuh melayang seleranya.
Meski ilmu setinggi tegak,
tidak sembahyang apa gunanya.

3)       Gendang gendut tali kecapi,
Kenyang perut senanglah hati.

4)      Parang ditetak kebatang sena,
belah buluh tertaruhlah temu.
Barang dikerja takkan sempurna,
bila tak penuh menaruh ilmu.
Berdasarkan teks pantun di atas, tentukanlah perbandingan struktur isi yaitu:
c.       Pantun 1 dengan 2
d.      Pantun 3 dengan 4
(*Berikan bukti, sampiran dan isi pantun)
Memahami persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun
Tes tertulis
Isian
2. Bacalah dua teks pantun di bawah ini!
·         Pohon cemara pohon dewata,
      tumbuh tinggi menjadi tegak.
      Jangan-jangan menolak cinta,
      cinta ditolak dukun bertindak.
·         Jalan-jalan bersama kakek,
di tengah jalan lihat kepompong.
Aku tertawa terbahak-bahak,
melihat kucing makan kedondong.
Tentukanlah ciri bahasa kedua pantun tersebut!
v  KUNCI JAWABAN

1.      Struktur isi pantun
a.       Perbandingan pantun 1 dan 2 yaitu:
Pantun 1, terdapat 1 sampiran dan 1 isi
-          Sampiran  : Kayu manis dalam semak
-          Isi              : Habis menangis gelak-gelak
Pantun 2, terdapat 2 sampiran dan 2 isi
-          Sampiran : Kemumu di dalam semak,
                       jatuh melayang seleranya.
-          Isi            : Meski ilmu setinggi tegak,
                      tidak sembahyang apa gunanya.
b.      Perbandingan pantun 3 dan 4 yaitu
Pantun 3, terdapat 1 sampiran dan 1 isi
-          Sampiran  :Gendang gendut tali kecapi,
-          Isi             : Kenyang perut senanglah hati.
Pantun 4, terdapat 2 sampiran dan 2 isi
-          Sampiran : Parang ditetak kebatang sena,
                        belah buluh tertaruhlah temu.
-          Isi             : Barang dikerja takkan sempurna,
                        bila tak penuh menaruh ilmu.

2.      Ciri bahasa teks pantun
Perbandingan ciri bahasa teks pantun tersebut adalah
·         Pantun 1 dan 2, ditulis dengan menggunakan kata-kata yang indah
·         Pantun 1 memiliki makna: janganlah bersikap berlebihan terhadap cinta di dunia maka kita akan terjerumus dalam kesesatan, sedangkan pantun 2 memiliki makna sesuatu yang mustahil untuk terjadi dan terasa lucu jika itu benar-benar terjadi yaitu kucing makan kedondong.
·         Pantun 1 digunakan untuk memberi nasehat, sedangkan pantun 2 digunakan untuk bersenda gurau atau bersenang-senang.
·         Pantun 1  terdiri dari sajak (a-a), sedangkan pantun 2 terdiri dari pola sajak (a-b-a-b)





v  RUBRIK PENILAIAN
1.      Penilaian sikap
Interval
Skor
3.33 < X ≤ 4.00
SB
2.33 < X ≤ 3.33
B
1.33 < X ≤ 2.33
S
0.00 < X ≤ 1.33
K
Nilai = Jumlah Skor X 4
                   20

Aspek Nilai
No
Nama
Tanggung jawab
Responsif/ peduli
Santun
Jujur
Disiplin
Jumlah skor
1.
Abd. Farlan Lalantu






2.
Abd. Rahmad F. kiyai






3.
Abd. Manan Sipatana






4.
Altrianto Gani






5.
Daud Ibrahim






6.
Idrus Karim






7.
Indra Wahulo






8.
Kasim Kilinau






9.
Kasman Malapo






10.
Moh. Harianto Samaun






11.
Moh. Ma’arif Yahya






12.
Rahmat Pidu






13.
Suprianto Pomontolo






14.
Yayan Djafar






15
Anastasya Nur F agus






16.
Fatmawati Bempa






17.
Febriyanti Noho






18.
Indrawati Paje






19.
Indriyati Idris






20
Karmila Majid






21
Lisdawati Maku






22
Maryam Abas






23
Maryam Nune






24
Rosita Helingo






25
Rukmiyanti Yusuf






26
Sri Susanti Antuke






27
Sri Yulan N. lasanudin






28
Sri Yuniarti Latif






29
Sulistiani Harun






30
















2.      Penilaian hasil Pengetahuan

a.       Struktur Isi
Kriteria yang Dinilai
Skor
·         Memahami perbandingan struktur isi teks pantun (pantun 1 dan pantun 2)
·         Memahami perbandingan struktur isi teks pantun (pantun 3 dan pantun 4)
0 – 20

0 – 20
Total Skor
40

b.      Ciri bahasa pantun
Kriteria yang Dinilai
Skor
·         Memahami perbandingan penggunaan bahasa yang indah pada teks pantun (1 dan 2)
·         Mamahami perbandingan amanat yang terkandung dalam teks pantun (1 dan 2)
·         Mamahami perbandingan fungsi pantun yang terkandung di dalamnya (1 dan 2)
·         Memahami perbandingan penggunaakn persajakan (1 dan 2)
0 – 15

0 – 15

0 – 15

0 – 15

Total Skor
60

Nilai = Jumlah perolehan skor .......... 100 % =........
                 Skor maksimum         100















LEMBAR KERJA SISWA
Kompetensi Dasar     :
3.2 Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator Pencapaian :
1.      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan struktur isi dua teks pantun
2.      Peserta didik memahami persamaan/perbedaan ciri bahasa dua teks pantun

Mata Pelajaran          :
Kelas/semester           :
Hari/tanggal               :
Nama siswa                :
Kelas                           :

Petunjuk
Kerjakanlah soal di bawah ini

1.      Bacalah beberapa pantun pantun di bawah ini.


1.      Kayu manis dalam semak
Habis menangis gelak-gelak

2.      Kemumu di dalam semak,
jatuh melayang seleranya.
Meski ilmu setinggi tegak,
tidak sembahyang apa gunanya.
3.      Gendang gendut tali kecapi
Kenyang perut senanglah hati

4.      Parang ditetak kebatang sena,
belah buluh tertaruhlah temu.
Barang dikerja takkan sempurna,
bila tak penuh menaruh ilmu.



Berdasar teks pantun di atas, tentukanlah struktur pantun yang diperbandingkan yaitu (pantun 1 dengan 2, pantun 3 dengan 4)!

2.      Bacalah dua teks pantun di bawah ini.


Pohon cemara pohon dewata,
tumbuh tinggi menjadi tegak.
Jangan-jangan menolak cinta,
cinta ditolak dukun bertindak.

Jalan-jalan bersama kakek,
di tengah jalan lihat kepompong.
Aku tertawa terbahak-bahak,
melihat kucing makan kedondong.


Berdasarkan dua teks pantun di atas, tentukanlah perbandingan ciri bahasa teks pantun tersebut  dan berikan alasanya!




Title: RPP; Written by Ni kadek Widiasih; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar